Thank's to Mahapatih Gajah Mada

Posted by iq paramaaputra | Posted in | Posted on 2/01/2010 02:31:00 PM


Waaaow!! Ternyata bener sejarah bisa membawa negara kita menuju kemajuan teknologi. Kalian kenal kan Mahapatih Gajah Mada kan?? Sosok panglima perang pada zaman kerajaan majapahit. Sumpah palapa yang dikeluarkan saat beliau diangkat sebagai Patih Amangkubumi membawa inisiatif bagi pemerintah untuk memajukan teknologi komunikasi di Indonesia. Emang apa sih yang dilakukan pemerintah?? Hmmm...

Sekedar mengingatkan kalian isi Sumpah palapa
"Selama aku belum menyatukan Nusantara, aku takkan menikmati Palapa. Sebelum aku menaklukkan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pulau Pahang, Pulau Dompo, Pulau Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, aku takkan menikmati Palapa."

Proyek besar Palapa Ring
Sudah pernah mendengar Proyek Palapa Ring? Gini, Palapa Ring ialah proyek pembangunan serat optik nasional yang akan menjangkau seluruh Indonesia meliputi 440 kota/kabupaten, dengan total panjang kabel laut 35.280 km dan kabel daratan 21.807 km. Busyeet!! Jadi, dengan menggunakan serat optik ini katanya sih bisa mengirimkan informasi yang besar, baik besar data maupun kecepatannya. Saluut deh kalo gitu pak!!

Serat optik? Apa itu?
Huff, serat optik itu merupakan saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Karena transmisi serat optik yang sangat tinggi, bagus banget digunakan sebagai saluran informasi. Gitu pak..

Asal usul pemberian nama Palapa Ring
Awalnya pada tahun 1998, nama proyek ini "Nusantara 21", tapi karena krisis melanda negeri, proyek ini dihentikan. Sekitar Januari 2005, munculah ide "Cincin Serat Optik Nasional", sayangnya pemerintah menggantinya dengan nama "Palapa O2 Ring". Akan tetapi karena mirip dengan nama sebuah ponsel, diganti kembali dengan nama Palapa Ring. Weeew..

Manfaatnya opo?
Wuuih, ini dia beberapa manfaat dari pembangunan Palapa Ring:
1. Ketersediaan layanan komunikasi dari voice hingga broadband di seluruh kota/kabupaten.
2. Akan terjadi efesiensi infestasi yang mendorong tarif telekomunikasi semakin murah.
3. Terjadi percepatan pembangunan dalam sektor komunikasi khususnya di Indonesia Bagian
Timur.

4. Keberadaan aplikasi seperti distance learning, telemedicine, e-government, dan aplikasi
lainnya, dapat diimplementasikan hingga mencapai kota/kabupaten.


Wah wah, thanks ya kepada Mahapatih Gajah Mada, sekarang Indonesia mulai menunjukkan taringnya, yaitu dengan kemajuan teknologi khususnya dibidang komunikasi yang semakin pesat. "Ayoo terus kembangkan!! Maju Indonesiaku!! Indonesia Raya!!".

Comments (8)

Wow, kira2 jadinya kapan ya?

hahaha, gtau juga ni..ya moga aja scepatnya, udah gk sabaran..

tukeran link? ayoo..

mampir balik... shoutmixnya bener2 ngambek ya??? huh,, gajah mada??? wow,, aku baru denger nih kalo ada proyek palapa ring.. dasar oon bangte sih aku...

wah keren juga nih. sedikit demi sedikit, lama2 jadi bukit nih teknologi indonesia.

This comment has been removed by the author.

haha..ternyata Indonesia mengalami perubahan walaupun pelan2.. :D

betul betul.... indonesia raya.. merdeka merdeka ... hiduplah indonesia raya... hha

malah nyanyii (DC activated) xD

kira2 kaan jadinya ya....

Post a Comment