Peran dan fungsi mahasiswa

Posted by iq paramaaputra | Posted in , | Posted on 3/17/2010 10:50:00 PM

Salam mahasiswa!! Saya dapet tugas nih, disuruh menguraikan peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa. Katanya sih, zaman sekarang sudah banyak mahasiswa yang terlena oleh kerasnya kehidupan kampus, sehingga melupakan jati diri dan tujuan mereka sebagai mahasiswa. Emang iya ya? Mungkin..Hahaha, Oiya, ini pertama kalinya saya nulis tugas di blog, biasanya dalam bentuk soft copy atau hard copy. Lumayan, nambah postingan saya mas..Hehehe..

Saya masih ingat, dulu saya pernah mendapatkan materi bahwasanya dalam membentuk mahasiswa yang adaptif, tanggap dan prestatif, mahasiswa tersebut harus bisa menjalankan peran dan fungsi mereka sebagai mana mestinya serta harus bisa peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Nah, berhubung banyak mahasiswa yang lupa akan peran dan fungsi mereka, saya akan membahasnya dengan singkat dan jelas di sini. (wew)


1. Sebagai Iron Stock, mahasiswa harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini. (mesti sekuat besi)
2. Agent Of Change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.
3. Social Control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
4. Moral Force, mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan. (wew)

Jadi, itulah 4 peran dan fungsi utama kita sebagai mahasiswa. Kita harus bisa menjadi penerus bangsa ini, melakukan suatu perubahan drastis guna memajukan bangsa. Kalau bukan kita yang melakukannya, siapa lagi?? Cukup sekian, terima kasih.
Satu kata yang selalu saya ingat,

HIDUP MAHASISWA, HIDUP MAHASISWA, HIDUP MAHASISWA!!!

Comments (11)

ini mas, tugasnya..thanks.. :)

asal jangan mahasiswa abadi aja ..
bisa² ke empat fungsi dan p[eran itu bisa di sandang selamanya ... http://img294.imageshack.us/img294/4909/smilez.gif

parampaa ku gak keluar ya .. hehehehe ....

ko gak keluar??
mesti di apain biar keluar hoedz??
maklum org awam..haha

serasa jadi maba dijejali informasi kayak gini.. :D

yaaah kita kan emang maba renspandy.. :D

wah sip nih. buat ngingatkan kembali.
he he he

Seleai sudah tugas ku.. Makasi banyak om!!
dadaaaaaaaah...
wkwkwkwkwkwk

thank bos
tugas gw selesai dach

nuhun kang.. lapur oge ieu tugas.. hehe

mksh kak...sdh bagi ilmunya

Post a Comment